Pertemuan 8

CABANG-CABANG FILSAFAT

1.    METAFISIKA,  MEMBAHAS  HAL YANG BEREKSISTENSI DI BALIK FISIS, MELIPUTI BIDANG ONTOLOGI. ONTOLOGI MELIPUTI HAKIKAT KEBENARAN DAN KENYATAAN YANG INHEREN DENGAN PENGETAHUAN YANG TIDAK TERLEPAS DARI PERSEPSI TENTANG YANG “Ada” dan “ada” (Being dan being). ONTOLOGI ADALAH BIDANG FILSAFAT YANG MENYELIDIKI MAKNA  “ADA”, HAKIKAT ADA, TERMASUK KESEMESTAAN ATAU KOSMOLOGI.
2.     EPISTEMOLOGI, BERKAITAN DENGAN PERSOALAN HAKIKAT ILMU PENGETAHUAN UNTUK MENCAPAI KEBENARAN / KENYATAAN. EPISTEMOLOGI CABANG FILSAFAT YANG MENYELIDIKI SUSUNAN, METODE DAN VALIDITAS ILMU PENGETAHUAN.  Rasionalisme, Empirisme,      Positivisme, ALIRAN-ALIRAN UNTUK MENCAPAI DAN MENEMUKAN KEBENARAN ATAU KENYATAAN ILMIAH.
3.     AKSIOLOGI, FILSAFAT YANG MENYELIDIKI HAKIKAT NILAI, MELIPUTI NILAI-NILAI NORMATIF DALAM MENERAPKAN KERANGKA PENGEMBANGAN ILMU YANG MENYANGKUT ETIKA, ESTETIKA DAN HEURISTIK.

Definisi Filsafat

SECARA ETIMOLOGIS, FILSAFAT YANG BERASAL DARI BAHASA YUNANI, Philos yang artinya Cinta dan Sophia yang artinya Kebijaksanaan, DARI ASAL USUL KATA FILSAFAT DAPAT DIARTIKAN “CINTA AKAN KEBIJAKSANAAN”.

BEBERAPA ALIRAN FILSAFAT

  • ALIRAN MATERIALISME, MENGAJARKAN BAHWA MAHLUK HIDUP HAKEKATNYA PADA MATERI. ALIRAN INI TERBAGI MENJADI: ALIRAN MATERIALISME  MEKANIK PENEKANAN KEPADA SAINS ALAM. DAN  ALIRAN MATERIALISME DIALEKTIK, MERUPAKAN FILSAFAT DARI  KELOMPOK KOMUNIS LAINNYA DI SELURUH DUNIA.
  • ALIRAN IDEALISME, MENGAJARKAN, REALITA TERDIRI DARI IDE-IDE PIKIRAN, AKAL ATAU JIWA DAN BUKAN BENDA MATERI & KEKUATAN. IDEALISEME MENEKANKAN AKAL YANG LEBIH DAHULU (PRIMER) DARIPADA MATERI.
  • ALIRAN REALISME, ALIRAN INI MENGAJARKAN, SESUNGGUHNYA REALITA KESEMESTAAN, TERUTAMA KEHIDUPAN BUKANLAH BENDA (MATERI) SEMATA. KEHIDUPAN TUMBUH, BERKEMBANG & AKHIRNYA MATI. DENGAN DEMIKIAN REALITA TIDAK HANYA SEKEDAR MATERI TETAPI PERPADUAN MATERI DAN NON MATERI.

Filsafast Pancasila

  • SECARA YURIDIS, PANCASILA MERUPAKAN DASAR NEGARA INDONESIA. FILSAFAT PANCASILA TIDAK HANYA SEKEDAR MENJELASKAN PENGERTIAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA NAMUN MENELUSURI ALASAN TERDALAM MENGENAI MENGAPA DITERIMA PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA.
  • SECARA HISTORIS, DITELUSURI BAGAIMANA PANCASILA TELAH DITETAPKAN SEBAGAI DASAR NEGARA.
  • SECARA FILOSOFIS, DIPERTANYAKAN  MENGAPA PARA PERUMUS DAPAT MENGHASILKAN RUMUSAN PANCASILA, DAN MENGAPA BANGSA INDONESIA DAPAT MENERIMA DENGAN RELA RUMUSAN TERSEBUT SEBAGAI DASAR NEGARA DALAM KEHIDUPAN BERNEGARA.

FILSAFAT PANCASILA BERMANFAAT DAN PERLU DIGUNAKAN UNTUK MEMBANGUN SISTEM FILSAFAT INDONESIA DAN SISTEM KETATANEGARAAN.

FILSAFAT PANCASILA BERMANFAAT UNTUK PENDIDIKAN MORAL AGAR :

  •   MENIMBULKAN   KESEIMBANGAN   ANTARA   UNSUR   KEROHANIAN      DAN KEMANUSIAAN.
  •   MEMBENTUK  MANUSIA  YANG  BERJIWA  KESATRIA,  MENJUNJUNG     TINGGI KEJUJURAN & KEADILAN, YANG     BERTANGGUNGJAWAB.
  •  MENGHIDUPKAN  KESADARAN  BERPIKIR  &  KESERASIAN      DALAM  HIDUP BERMASYARAKAT   SERTA    MEMPERDALAM        KEINSYAFAN    PERLUNYA PERSATUAN DAN KESATUAN.

About Andrie Gozalie
Tuhan akan memberikan apa yang kamu inginkan, jika yang kamu inginkan adalah sesuatu yang Tuhan persiapkan untukmu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: