Pertemuan 14

AKTUALISASI PANCASILA DALAM KEHIDUPAN KAMPUS

PEMAHAMAN AKTUALISASI

AKTUALISASI ADALAH BAGAIMANA MENGAKTUALKAN SESUATU, SEHINGGA BENAR-BENAR DAPAT TERCERMIN DALAM SIKAP DAN PERILAKU.

AKTUALISASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT, BERBANGSA & BERNEGARA MEMERLUKAN KONDISI DAN IKLIM YANG MEMUNGKINKAN, SEHINGGA SEGENAP LAPISAN DAPAT MENCERMINKAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM PERILAKU YANG SESUNGGUHNYA MULAI DARI APARATUR & PIMPINAN NASIONAL & SAMPAI KEPADA RAKYAT BIASA, DAN  KHUSUSNYA AKTIVITAS KAMPUS.

AKTUALISASI PANCASILA DILAKUKAN DALAM BENTUK NORMA-NORMA, DIJUMPAI DALAM BENTUK NORMA HUKUM KENEGARAAN, DAN NORMA-NORMA MORAL.

JENIS-JENIS AKTUALISASI PANCASILA

MERIALISASIKAN PANCASILA DALAM KEHIDUPAN DAPAT DILAKUKAN MELALUI CARA-CARA OBYEKTIF DAN SUBYEKTIF .

AKTUALISASI PANCASILA SECARA OBYEKTIF, YAITU MELAKSANAKAN  NILAI-NILAI PANCASILA DALAM SETIAP ASPEK PENYELENGGARAAN  NEGARA, MELIPUTI BIDANG LEGISLATIF, EKSEKUTIF, YUDIKATIF, DAN DALAM BIDANG KEHIDUPAN KENEGARAAN LAINNYA.

AKTUALISASI PANCASILA SECARA SUBYEKTIF, YAITU REALISASI PELAKSANAAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM BENTUK NORMA-NORMA PADA SETIAP PRIBADI PERSEORANGAN, SETIAP WARGA NEGARA, SETIAP PENDUDUK, SETIAP PENGUASA & SETIAP ORANG INDONESIA.

PELAKSANAAN PANCASILA SECARA SUBYEKTIF, LEBIH BERKAITAN DENGAN NORMA MORAL SEHINGGA  SANGAT DITENTUKAN OLEH KESADARAN, DAN KETAATAN SERTA KESIAPAN INDIVIDU UNTUK MENGAMALKAN PANCASILA.

SIKAP & TINGKAH LAKU SESEORANG SANGAT MENENTUKAN TERLAKSANANYA NILAI-NILAI PANCASILA YANG SESUNGUHNYA DALAM SEGALA ASPEK KEHIDUPAN. OLEH KARENA ITU PANCASILA HARUS DIPAHAMI, DIRESAPI, DAN DIHAYATI.

AKTUALISASI PANCASILA DALAM KEHIDUPAN KAMPUS.

AKTUALISASI DALAM KEHIDUPAN KAMPUS BERARTI REALISASI PENJABARAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM BENTUK NORMA-NORMA DALAM SETIAP ASPEK KEHIDUPAN KAMPUS.

AKTUALISASI DALAM KEHIDUPAN KAMPUS MERUPAKAN AKTUALISASI YANG OBYEKTIF, KARENA DILAKSANAKAN DALAM SUATU LEMBAGA PENDIDIKAN ATAU LEMBAGA AKADEMI, YAITU KOLEKTIFITAS MASYARAKAT ILMIAH YANG MELIPUTI PARA DOSEN, MAHASISWA MAUPUN TENAGA ADMINISTRASI.

TRIDARMA PERGURUAN TINGGI

MELIPUTI: PENDIDIKAN, PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT

PENDIDIKAN

PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN DILAKSANAKAN DALAM BENTUK PROSES  BELAJAR MENGAJAR,

DENGAN TUJUAN :

UNTUK MENDAPATKAN ILMU PENGETAHUAN, MELAKUKAN TRANSFER ILMU PENGETAHUAN DAN MENERAPKAN ILMU PENGETAHUAN, BAIK DI DALAM MAUPUN DILUAR KAMPUS.

HASIL YANG DIHARAPKAN, AGAR MAHASISWA MEMILIKI FUNGSI AKADEMIK YAITU SEBAGAI CALON PEMIKIR.

PENELITIAN

PENELITIAN MERUPAKAN SALAH SATU UNSUR BAGI PERGURUAN TINGGI DALAM MELAKSANAKAN FUNGSINYA UNTUK MENGKOORDINASIKAN, MEMANTAU & MENILAI KEGIATAN YANG DIADAKAN OLEH SEGENAP CIVITAS AKADEMIKA.

FUNGSI PENELITIAN UNTUK MENGUNGKAPKAN SUATU KEBENARAN, MENINGKATKAN KUALITAS KEILMUAN (AKADEMIK), JUGA DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT DALAM RANGKA MENCARI PENGALAMAN BARU (EXPERIENCE SEEKING).

PENGABDIAN MASYRAKAT

UNSUR PENGABDIAN MASYARAKAT, MASIH JAUH TERTINGGAL, MASIH BANYAK PERGURUAN TINGGI YANG BELUM MEMAHAMI PENTINGNYA UNSUR PENGABDIAN PADA MASYARAKAT.
APABILA PERGURUAN TINGGI MEMPERHATIKAN UNSUR PENELITIAN & PENGABDIAN MASYARAKAT, HASILNYA AKAN DINIKMATI PERGURUAN TINGGI ITU SENDIRI.

KAMPUS SEBAGAI MORAL FORCE PENGEMBANGAN HUKUM

KAMPUS DAPAT MEMBERIKAN PENGETAHUAN & PENGERTIAN HUKUM SECARA BENAR KEPADA MASYARAKAT, MELALUI TIGA TINGKATAN :
  1. INTERPRETASI, BERTUJUAN UNTUK MENGETAHUI PENGER-TIAN OBYEKTIF DARI APA YANG TERMAKTUB DALAM PENGERTIAN HUKUM.
  2. KONSTRUKSI, PEMBENTUKAN JURIDIS YANG TERDIRI DARI BAGIAN –  BAGIAN ATAU UNSUR TERTENTU, DENGAN TUJUAN AGAR APA YANG TERMAKTUB DALAM PEMBENTUKAN ITU MERUPAKAN   PENGERTIAN YANG JELAS DAN TERANG.
  3. SISTEMATIK, MENGADAKAN SISTEM DALAM SUATU BAGIAN HUKUM, ATAU SELURUH BIDANG HUKUM, SEHINGGA MEMBERI KEGUNAAN MAKSIMAL KEPADA MASYARAKAT.

About Andrie Gozalie
Tuhan akan memberikan apa yang kamu inginkan, jika yang kamu inginkan adalah sesuatu yang Tuhan persiapkan untukmu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: