Rangkuman Statistik Deskriptif

Rangkuman

Statistik pertemuan 1

1. Arti data dan Kegunaan
< observasi / pengumpulan data dengan metode tertentu menghasilkan apa yang disebut dengan data, data dapat bersifat kuantitatif dan bersifat kualitatif. Informasi kuantitatif berupa angka-angka, sedangkan informasi yang bersifat kualitatif berbentuk selain angka-angka.

< Agar data-data itu menjadi bermakna dan komunikatif, diperlukan jasa statistik, Statistik dibutuhkan untuk menganalisis dan mengolah informasi yang bersifat kuantitatif

< Menurut Webster’s New World Dictionary, data berarti sesuatu yang diketahui atau dianggap. Dengan demikian, data dapat memberikan gambaran tentang suatu keadaan atau persoalan, tempat ataupun waktu, misalnya : Misalnya, harga komputer yang berkualitas prima di LIPPO Karawaci, Tangerang, pada tanggal 12 Desember 2009 adalah Rp.3 500.000,- per unit. Penyebutan tempat dan waktu ini sangat penting, sebab selain data itu akan berubah-ubah dari waktu ke waktu, data juga berbeda-beda menurut tempat.

< Kegunaan data pada dasarnya adalah untuk membuat keputusan oleh para pembuat keputusan (decision makers) biasanya adalah pemimpin/makers.  Data dapat berguna, bila dikaitkan dengan masalah manajemen, sebagai:
1. Dasar suatu perencanaan .
2. Alat pengendalian terhadap pelaksanaan atau implementasi perencanaan
3. Dasar evaluasi hasil kerja akhir.

2. statistik :
< statistik dapat dipandang sebagai alat, cara, sarana, yaitu alat yang digunakan untuk menyelesaikan dan menafsirkan data secara bertanggungjawab, sehingga kesimpulan dan atau keputusan yang dibuat, yang mungkin sekali mempunyai dampak yang tidak kecil, juga merupakan kesimpulan dan keputusan yang dapat dipertanggungjawabkan.

< Fungsi statistik yaitu membantu kita dan pihak-pihak yang membutuhkan agar dapat membuat kesimpulan yang tepat, akurat, dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

3. Syarat data yang baik
< Objektif
< Representative
< Kesalahan baku (standard error) kecil.
< Tepat waktu.
< Relevan.

4. Jenis-Jenis Data
1. Data menurut sifatnya ;
< data nominal
< data ordinal
< data interval
2. Menurut sumbernya ;
< data internal
<data external
3. Menurut cara memperolehnya ;
<data primer
< data sekunder
4. Menurut waktu pengumpulannya :
< data cross section
< data berkala

5. Jenis statistik
< statistik deskriptif :  metode cara mendeskipsikan data
< Statistik inferensia :  penarikan kesimpulan berdasarkan sampel yang diperoleh untuk mengambarkan karakteristik

6. Manfaat statistika dalam kehidupan sehari-hari sangat beragam sebagai contoh sederhana:

> Bagi ibu-ibu rumah tangga mungkin tanpa disadari mereka telah menerapkan statiska. Dalam membelanjakan uang untuk kebutuhan keluarganya sering melakukan perhitungan untung rugi, berapa jumlah uang yang harus dikeluarkan setiap bulannya untuk uang belanja, listrik, dll.

> Sebagai mahasiswa, selain statistika dipelajari secara formal sebenarnya kita sudah menggunakannya dalam perhitungan Indeks prestasi.

> Dalam dunia bisnis, para pemain saham atau pengusaha sering menerapkan statistika untuk memperoleh keuntungan. Seperti peluang untuk menanamkan saham.

> Sedangkan dalam bidang industri, statistika sering digunakan untuk menentukan keputusan. Contohnya berapa jumlah produk yang harus diproduksi dalam sehari berdasarkan data historis perusahaan, apakah perlu melakukan pengembangan produk atau menambah varian produk, perlu tidaknya memperluas cabang produksi, dll.

Jadi statistika sebenarnya sangat penting bagi kita, dapat berguna dalam menentukan keputusan meskipun kadangkala penggunaannya tidak kita sadari.

About Andrie Gozalie
Tuhan akan memberikan apa yang kamu inginkan, jika yang kamu inginkan adalah sesuatu yang Tuhan persiapkan untukmu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: