Latihan Soal

SOAL

1. Sebutkan Pasal berapa di UUD 1945 yang membicarakan tentang Pendidikan dan Sebutkan Undang-Undang Nomor berapa yang mengatur tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2. Sebutkan Nomor, Tanggal, Bulan dan Tahun berapa UUD dimuat dalam berita Negara Indonesia.
3. Sistem pengetahuan ilmiah itu bertingkat-tingkat menurut Ir. Poedjowijatno dalam bukunya “Tahu dan Pengetahuan” sebutkan apa saja.
4. Hakikatnya sila keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia, Mengandung pengertian apa saja.
5. Manfaat Pancasila sebagai Pandangan Hidup, apa saja. Jelaskan.
6. Sebutkan Sumber Hukum berdasarkan TAP MPR No III/MPR/2000, apa saja.
7. Jelaskan tentang Kekuasaan Legislatif, Eksekutif dan Yudikatif dan diatur dalam Pasal berapa di UUD 1945.
8. Pembukaan UUD 1945 terdiri dari berapa alinea dan pada alinea keberapa yang memuat Dasar Dasar Negara. Sebutkan.
9. Sebutkan apa saja keberhasilan Reformasi dan sebutkan Tanggal, Bulan dan Tahun Bangsa Indonesia memasuki era Reformasi tsb.
10. Secara ilmiah Proklamasi Kemerdekaan dapat mengandung pengertian yang meliputi apa saja. Jelaskan.
11. Hukum Dasar dapat dibedakan atas dua. Sebutkan apa saja.
12. Jelaskan apa yang di maksud dengan “Ubi Societas, ibi ius”
13. Sebutkan apa saja isi daripada DEKRIT PRESIDEN 5 Juli 1959.
14. Sebutkan isi dari Pasal 27 ayat 2 UUD 1945.
15. Sebutkan isi dari Pasal 28 A UUD 1945.
16. MPR melantik Presiden dan/Atau Wakil Presiden dan MPR dapat menghentikan Presiden dan/Atau Wakil Presiden dalam Pasal berapa di UUD 1945.
17. Sebutkan dalam Pasal berapa di UUD 1945 yang mengatur tentang syarat-syarat menjadi Presiden dan/Atau Wakil Presiden.
18. Jelaskan apa yang harus dilakukan apabila dalam Pemilihan Umum Presiden dan/Atau Wakil Presiden tidak mendapat suara lebih dari lima puluh persen dari Jumlah suara dalam PEMILU.
19. Jelaskan perbedaan tentang isi Pasal 7 sebelum diadakan Perubahan dan isi Pasal 7 yang telah diadakan perubahan.
20. Jelaskan syarat-syarat & sebab sehingga Presiden dan/Atau Wakil Presiden diberhentikan oleh MPR.

JAWABAN

1. PASAL 31 ayat 3, “Pemerintah mengusahakan & menyelenggarakan satusistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan & ketakwaan sertaakhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diaturdengan undang-undang.
2. No. 7, TANGGAL 15 PEBRUARI 1946
3. 1. Berobyek   2. Bermetode            3. Bersistem              4. Bersifat Universal.
4. Hakikat Sila Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia : Tekanan pada hubungan antar warga negara, Pemerintah dan dalam hubungan antara Pemerintah dengan warga negara, masing-masing pihak mempunyai hak dan kewajiban. Apabila hak satu pihak telah dipenuhi oleh pihak yang lain, Maka tercipta keadilan.
5. MENJADIKAN BANGSA INDONESIA BERDIRI KOKOH &MENGETAHUI DENGAN JELAS KEARAH MANA TUJUAN YANG INGINDICAPAI. SEBAGAI PEGANGAN & PEDOMAN BAGI PEMECAHANMASALAH-MASALAH YANG DIHADAPI & SEBAGAI PEDOMAN BANGSAINDONESIA MEMBANGUN DIRINYA.
6. DENGAN TERBITNYA TAP MPR No.III/MPR/2000 INI, MAKA TAP.MPRS No. XX/MPRS/1966 tentang MEMORANDUM DPR-GR MENGENAISUMBER TERTIB HUKUM DAN TATA URUTAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN Joncto
7. SEMENJAK DITETAPKAN DAN DISAHKAN UUD 1945 OLEH PPKI PADATANGGAL 18 AGUSTUS 1945 SEBAGAI UUD NEGARA REPUBLIKINDONESIA, MAKA UUD 1945 TELAH MERUPAKAN HUKUM DASARMELIPUTI: HUKUM DASAR TERTULIS (UUD), SELAIN ITU DALAMSISTEM KETATANEGARAN TERDAPAT JUGA HUKUM DASAR TIDAKTERTULIS (KONVE)
8. ALINEA KETIGA , “ATAS BERKAT RAHMAT ALLAH YANG MAHA KUASA DANDIDORONG OLEH KEINGINAN LUHUR, SUPAYA BERKEHIDUPAN KEBANG -SAANYANG BEBAS, MAKA RAKYAT INDONESIA MENYATAKAN DENGAN INIKEMERDEKAANNYA”.
9. Keberhasilan Reformasi ditandai dengan turunnya Soeharto pada Tanggal 21 Mei 1998, yang diganti oleh PROF. DR. B.J. HABIBIE sebagai Presiden RI. Pemerintahan ini merupakan Pemerintahan Transisi.
10. Secara ilmiah Proklamasi Kemerdekaan dapat mengandung pengertian sbb. :a. Dari sudut hukum (secara yuridis), sejak proklamasimulai saatnya berlaku tertib hukum nasional.b. Secara politis, ideologi proklamasi mengandung artibahwa bangsa Indoneia telah terbebas dari penjajahanasing dan memiliki kedaulatan untuk menentukan nasibsendiri dalam suatu negara Proklamasi.
11. Hukum dasar dapat dibedakan atas dua, yaitu : 1. UUD sebagai hukum dasar yang tertulis yang menjadi sumber dari peraturan-peraturan dan perundangan-undangan. 2. UUD juga berlaku sebagai hukum.
12. Ubi societas, ibi ius adalah “ADA MASYARAKAT DISITU ADA HUKUM”
13. -1. Membubarkan konstituante. -2. Menetapkan berlakunya kembali UUD 1945, dan tidak berlakunya UUDS tahun 1950. -3. Dibentuknya MPRS dan DPAS dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Dengan berdasarkan DEKRIT tsb, UUD 1945 berlaku kembali hingga saat ini.
14. UUD no 27 ayat 2 berbunyi:tiap tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan.
15. UUD no 28A berbunyi:semua orang berhak hidup serta mempertahankan dan kehidupannya.perubahan II 18 agustus 2000
16. MPR melantik presiden dan/atau wakil presiden terdapat pada pasal 6 ayat 2 yang berbunyi: (2). Presiden dan wakil presiden dipilih oleh majlis permusyawaratan rakyat dengan suara yang terbanyak..
17. syarat syarat menjadi presiden terdapat pada pasal 6 ayat 2 yang berbunyi: Syarat-syarat untuk menajdi presiden dan wakil presiden diatur lebih lanjut dengan undang undang.  perubahan lll 9 november 2001 sebelumnya berbunyi:   (1)  Presiden ialah orang indonesia asli .(2). Presiden dan wakil presiden dipilih oleh majlis permusyawaratan rakyat dengan suara yang terbanyak.
18. Dua pasangan calon yang memperoleh suara terbanyak pertama dan kedua dalam pemilihan umum dipilih oleh rakyat secara langsung, pasangan yang memperoleh suara rakya terbanyak dilantik sebagai presiden dan wakil presiden.
19. presiden dan wakil presiden memegang jabatan selama lima tahun dan sesudah nya dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama,hanya untuk satu kali masa jabatan.
20. terdapat pada pasal 7A ayat 1 yang berbunyi:Presiden dan/atau wakil presiden dapat diberhentikan dalam masa jabatannya oleh majelis permusyawaratan rakyat(MPR) atas usul dewan perwakilan rakyat (DPR) , baik apabila terbukti telah melakukan pelanggaran hukum berupa penghianatan terhadap negara , korupsi , penyuapan tindak pidana berat lainya , atau perbuatan tercela maupun apabila terbukti tidak lagi memenuhi syarat sebagai presiden dan/atau wakil presiden.

About Andrie Gozalie
Tuhan akan memberikan apa yang kamu inginkan, jika yang kamu inginkan adalah sesuatu yang Tuhan persiapkan untukmu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: